Sertifikasi Keahlian Melalui Asosiasi HAKI

HAKI

Setelah hampir 5 tahun berkecimpung di dunia konstruksi akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sertifikasi keahlian sesuai bidang yang saya geluti. Berhubung saya intim dengan Structural Engineer dan Construction Engineer maka saya mendaftar untuk SKA Ahli Teknik Bangunan Gedung – Muda. SKA muda diperuntukkan bagi engineer yang yang jumlah aktivitas PPB nya terpenuhi setidaknya 50 jam dalam kurun 3 tahun terakhir. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar sertifikasi keahilan terutama untuk HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia) yang terkenal sangat ketat dalam penerbitan SKA. Bagi rekan-rekan yang berminat bisa mengunjungi website HAKI untuk mendownload formulir dan mengetahui syarat-syarat yang diperlukan.

Berikut saya tautkan link downloadnya:

Formulir permohonan sertifikasi keahlian HAKI

Mengapa saya mendaftar sertifikasi di HAKI? 

Saya merasa sejauh ini HAKI adalah salah satu organisasi dibidang teknik sipil  yang kredibilitas dan eksistensinya diakui di Indonesia. HAKI juga tidak sembarangan mengeluarkan sertifikasi jika tidak memenuhi persyaratan dan jam terbang dibidang yang dipilih. Alasan lainya adalah karena sudah sejak 2017 saya tergabung di organisasi ini sebagai anggota muda. HAKI juga rutin mengadakan seminar dan short course berbobot untuk menunjang dan pengembangan dunia konstruksi di tanah air.

Selama proses pendaftaran sertifikasi saya menyiapkan lumayan banyak berkas-berkas agar bisa diapprove. Selain formulir permohonan ada narasi dan beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Setelah submit berkas pemohon akan diundang untuk wawancara dan tes tertulis setelah beberapa minggu. Persiapakan diri untuk tes tertulis karena ada beberapa soal yang mungkin sepele tapi fatal jika melupakannya seperti analisis struktur dasar dan konversi satuan. Untuk ujian tertulis peserta akan diminta mengulang jika jawabannya belum benar.

Jika sudah yakin jawaban benar maka jawaban akan diperiksa oleh petinggi HAKI, dan apabila dinyatakan lulus maka pemohon harus membayar Rp. 2.500.000,00, jadi lebih baik disiapkan uang cash atau bisa transfer via mobile untuk pembayaran SKA. Untuk saat ini SKA berbentuk e-SKA jadi akan dikirim keemail masing-masing dengan waktu tunggu kurang lebih 3 minggu sejak waktu tes. Untuk progres SKA nya juga bisa di pantau lewat status proses segistrasi ska – LPJK jadi tidak perlu mengambil ke TKP lagi.

 

Jakarta, 15 May 2018

Berkah Dalem 🙂

One thought on “Sertifikasi Keahlian Melalui Asosiasi HAKI

Leave a comment