Preparation IELTS di LBI FIB UI

Jika kita mencari tempat preparation IELTS yang berkualitas di Jakarta tentu saja sebagian besar responden akan merujuk ke IALF, TBI, IDP, Sun Education, English Bridge, dan beberapa lembaga kursus lainya. Namun jika keywordnya dipersempit menjadi tempat preparation IELTS yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau dengan kantong mahasiswa dan karyawan, LBI FIB UI akan ada diperingkat atas dalam polling pastinya. Tempat preparation milik institusi pendidikan tentu saja akan sangat menjadi perhatian dengan harga yang bersahabat.

Sebelum hendak mendaftar preparation IELTS di LBI FIB UI ada baiknya menelfon atau mengunjungi bagian informasi untuk menanyakan jadwal pendaftaran, hal ini mengingat preparation atau pendaftaran tidak dibuka setiap bulan. Lokasi preparation dan pendaftaran ada dua tempat yakni UI Depok dan Salemba, mengingat lokasi saya yang berada di dalam kota Jakarta maka pilihan jatuh pada LBI FIB UI Salemba. Akses ke UI salemba terbilang sangat mudah karena tepat di depan lokasi ada halte bus Trans Jakarta.

Setiap peserta yang akan melakukan preparation diwajibkan untuk melakukan Placement Test. Pada saat pendaftaran peserta diberikan kesempatan untuk memilih jadwal writing & speking tes.Biaya yang dikenakan untuk pendaftaran yaki sebesar Rp. 100.000,00 Kedua tes ini sendiri akan dilakukan secara terpisah. Writing tes yang diberikan pada placement tes hanya task 2 saja dengan waktu yang mirip dengan real tes IELTS. Saya sedikit agak kaget karena ada reading tes yang diberikan pada kesempatan itu juga, padahal tidak ada disebutkan adanya reading tes sebelumnya. Format soal-soal yang diujikanpun nyaris sama dengan tes IELTS yang sebenarnya.

Speaking tes dilakukan dihari yang berbeda dengan writing test dengan kata lain kita harus kembali lagi untuk ujian ini. Berhubung saya ada tugas kantor yang tidak bisa ditinggalkan pada hari yang telah saya pilih sebelumnya, maka saya meminta penjadwalan ulang. Untungnya reschedule diperbolehkan, jadi ini sangat membantu sekali buat saya. Setelah melapor kepada petugas untuk melakukan speaking tes dihari yang telah dijadwalkan, beberapa saat kemudian saya dipanggil kesebuah ruangan. Disana sudah duduk dengan manis seorang intervewer yang ramah dan terlihat smart.

Mrs. Yuni pada saat itu memberikan saya pertanyaan seputar home town, tempat lahir, kedekatan dengan keluarga, tujuan ikut preparation dan target kapan akan mengambil real tes IELTS. Pada kesempatan itu Mrs. Yuni juga menjukkan hasil tes reading & writing. Setelah selesai memberikan pertanyaan kemudian interviewer akan memberikan suggestion mengenai kelas mana yang sesuai dengan kita berdasarkan nilai dari ketiga sub tes yang sudah diberikan. Berhubung nilai reading, writing, dan speaking yang tergolong rendah maka saya ditempatkan di level Introduction.

Introduction sendiri dibagi menjadi 2 yakni Itroduction A dan Introduction B. Menimbang jam kerja dan mobilitas sebagai karyawan saya meminta kelas sabtu pukul 13.00 – 17.00. Setelah mengetahui kelas yang kita dapatkan dan biaya yang harus dibayar disarankan agar sesegera mungkin untuk melakukan pembayaran karena LBI FIB UI menerapkan sistem “First Come First Served” terhadap kuota kelas. Peserta yang melakukan konfirmasi bukti pembayaran terlebih dahulu akan diprioritaskan masuk ke daftar kelas utama. Untuk peserta yang melakukan konfirmasi setelah kelas kuota penuh akan terdaftar untuk term berikutnya. Jadi begitu menegtahui kelas yang kita dapatkan jika memang sudah srek, lebih baik langsung dibayarkan saja. Biaya kelas Preparation IELTS untuk semua level yakni Rp. 1.700.000,00. Jika dibandingkan dengan tempat lain yang menyelenggarakan preparation biaya disini tergolong murah mengingat ditempat lain bisa mencapai 4 jutaan ke atas. Berikut saya lampirkan jadwal kelas preparation untuk lokasi Depok dan Salemba.

IELTS

Jakarta, 22 April 2018

Berkah Dalemย ๐Ÿ™‚

Advertisements

9 thoughts on “Preparation IELTS di LBI FIB UI

  1. Hey, I’m feeling pretty badly myself. Much like Clara Passes, this is way over my head.
    But I did not realize you live in Jakarta. I thought you were just referring to a project you were considering, and schools, in Indonesia.
    Never of course, has it truly been a safe place to live, but things will get much worse over the coming months and then years, as coastlines disappear and cities remain under water. Eventually displacing citizens who will still want to survive even after their homes and jobs are gone.
    That survival will come at a cost to those further inland and more financially secure.
    I’m only 66 years old, but I can never remember three volcanoes erupting simultaneously, nor the near 8 point earthquakes. Please leave…do not encourage anyone else to stay or relocate to Indonesia. The world will surely end one day, it matters not when, but it will always be the islands that submerge first.
    If you cannot or will not leave, then forgive me my indulgences.

    Liked by 1 person

    1. Hehehe I was born and grew up in this country philipbrockman. Yes you right, Indonesia is Ring of Fire with high intensity of disaster. I’m very appreciate with your advise but I love this country very much and I believe that life and death are in the hands of my God, Jesus Christ.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s