PAPs UGM ( 27 November 2014)

2015-01-06-22-11-12

Ini jadi tulisan ane yang pertama setelah laptop ane yang hilang digondol maling jon. Minggu terakhir di Jogja malah jadi minggu sial buat ane, pulang interview dari Jakarta kamar dibobol maling,…. tapi ya sudahlah ikhlaskan saja. Gak usah dibahas lah yaa tentang laptop ane,…oke kali ini ane akan bahas tetang pengalaman ane ikut tes PAPs UGM yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Gadjah Mada, yang dalam hal ini ditangai oleh Fakultas Psikologi UGM. Sebenanya ini bukan tes PAPs ane yang pertama jon, karena ane sebelumnya sudah pernah ikut tes ini gratis dari rekruitment PT. Badak LNG bedanya kali ini ane harus bayar biaya pendaftaran Rp. 125.000,00. Kebanyakan yang ikut tes ini sih buat mendaftar S2 UGM, kalau ane sih gak tau buat apa soalnya kalau ditanya orang ane jawab buat tes kemampuan sejauh mana tingkat kemampuan ane tetang psikotes…wkwkwk.

Sebelum tes yang jelas mesti daftr dulu jon, ntr tiba-tiba nylonong di hari – H, yang ada malah di usir jon. Pendaftran biasa dibuka seminggu sebelum tanggal tes dan biasa tesnya dilakukan pada hari kamis, untuk PAPs ada tiga sesi dalam satu hari dengan peserta yang berbeda pastinya, untuk jadwal dan persyaratan tesnya bisa cek langsung di website fakultas psikologi UGM jon. Sebelum masuk tahap pendaftaran silahkan lakukan pembayaran di bank yang telah ditentukan jon, waktu itu ane langsung datang ke bank BNI kemudian bilang sama tellernya mau bayar PAPs UGM, kalau disekitan Jogja tellernya langsung tau mugkin ditempat lain sama juga kali. Setelah melakukan pembayaran langsung ajar daftr lewat website yang tersedia buat daftr PAPs jonn, selesai daftar online segera cetak kartu tes dan log out. Kartu tes mesti ditemel foto dan ditanda tangani lalu dibelah jadi dua bagian jon.

Hari tes usahan datang pagi jon buat cek tempat, atau kalau mau bisa cek tempat sehari sebelumnya biar gak nyasar. Bawa peralatan tempur lengkap yakkk, pensil 2B, penghapus, peraut, kartu identitas yang masih berlaku dan kartu peserta tes. Karena pernah tes diruangan yang sama jadi ane gak tersesat jon,..pastikan di fakutas psikologi UGM ya jon tesnya. Sebelum tes panitia melakukan pemeriksaan ulang kecocokan identitas masing-masing peserta, baru setelah itu diberi pengarahan dan dibagikan soal. Jam 8 lewat baru dimulai tes, agak molor dikit biasalah. Tes dipandu oleh panitia, jadi dalam mengerjakan soal tidak boleh semau peserta jon, tahap pertama Sub tes verbal, kemudian Sub tes kuantitatif, dan yang terakhir Sub tes penalaran, total soal ada 120 butir. Kalau sudah selesai sub tes pertama peserta tidak diperkenankan membuka sub tes sebelumnya atau sub tes setelahnya jadi focus aja sama sub tes yang sedang berlangsung, berhubung dalam tes ini sangat terbatas waktunya jadi pandai-pandailah mengatur waktu supaya gak keteteran. Tes PAPs tidak menggunakan sistem pengurangan point untuk yang salah jadi sikatttttttt…. aja jon, tapi sebenarnya peserta juga tidak diharuskan menyelesaikan semua soal JIKA YAKIN jawabannya pasti benar.

Selesai tes peserta belom diijinka keluar, karena panitia akan menghitung soal dan lembar jawaban terlebih dahulu. Panitia akan menggembalikan kartu peserta yang sudah distempel, kartu ini digunakan untuk pengambilan sertifikat. Pengumumuman hasil tes biasanya rentan waktu 1-2 minggu, untuk hasil cepatnya bisa di cek diwebsite http://psikologi.ugm.ac.id/arsip.1180/informasi-tes-rutin-potensi-akademik-pascasarjana-paps-fakultas-psikologi-ugm.html. Sertifikat dapat dambil langsung di fakultas psikologi UGM dengan membawa kartu peserta dan identitas diri. Bagi yang tidak dapat mengambil sendiri dapat diwakilkan kepada orang lain dengan syarat:

  1. Surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai 6000
  2. Kartu peserta tes
  3. Foto copy identitas diri

Demikian pengalaman ane yang dapat ane share tentang PAPs UGM, semoga bermanfaat buat jon..jon yang mau ikut tes.

Yogyakarta, 30 Desember 2014

Berkah Dalem 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s