3 Konsultan Struktur Gedung Ternama di Indonesia

JST

Mega Tall & Super Tall Building

Sumber Gambar : http://signature-tower.com/site/arcu-elit-vel-augue-nisi-duis/

Bagi kalangan Job seeker atau para mahasiswa teknik sipil maupun arsitektur yang ingin mencari tempat magang bergengsi dengan proyek-proyek wahhh ada baiknya mempertimbangkan perusahaan konsultan struktur ini. Selama ini paradigmanya magang yaaa di kotraktor atau proyek. Sebenarnya kalau mau mencoba ke konsultan struktur akan banyak sekali ilmu yang bisa diambil terutama ilmu rancang bangun. Mengingat ke depan sebagai negara berkembang Indonesia butuh banyak sekali engineer-enginer muda yang mampu bersaing sebagai Structural Engineer.

Berbicara mengenai konsultan struktur gedung yang eksis dan memiliki skala besar  juga mampu berbicara di kancah International harusnya nama-nama berikut ini tidak perlu diragukan lagi. Di International aja punya  reputasi SUPER WOWWW apalagi di Indonesia yekannn???. Berikut ini adalah 3 Konsultan Struktur Gedung ternama, terbesar dan terbaik di Indonesia berkaca pada proyek-proyek yang pernah dan sedang dikerjakan:

PT. Davy Sukamta & Partners

Logo Davy

Davy Sukamta merupakan sosok modern dalam dunia konstruksi Indonesia. Beliau merupakan Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) periode 2014-2017. PT. Davy Sukamta & Partners sendiri berdiri sejak 1989. Pencapaian yang sangat fenomenal karena perusahaan ini sudah menyelesaikan sekitar 300 project baik di dalam maupun luar negeri. Proyek-proyek prestisius mampu dikerjakan dengan estimasi dan optimalisasi yang baik oleh perusahaan ini. PT. Davy Sukamta & Partners dikenal memiliki engineer-engineer yang sangat brilliant dan tentu saja untuk bisa bergabung diperusahaan ini harus punya kemampuan yang mumpuni.

PT. Davy Sukamta terkenal dengan Inovasi dan terobosanya dalam dunia design struktur, antara lain: RC COREWALL AND OUTRIGGERS, SEISMICALLY ISOLATED STRUCTURE dan UP-DOWN CONSTRUCTION. Pengaplikasan inovasi tersebut tentu saja memberikan nilai lebih dan menunjukkan bahwa perusahaan ini terus melakukan improvement. Sebagai perusahaan yang mapan tentunya banyak sekali penghargaan yang sudah diraih oleh PT. Davy Sukamta & Partners, antara lain: INDONESIAN CONSTRUCTION AWARD 2003 IN HIGH-RISE BUILDING CATEGORY, FOR AMARTAPURA APARTMENT LIPPO KARAWACI.

Proyek-proyek besar yang ditangani Davy Sukamta antara lain:

  • The Plaza
  • AIA Tower
  • The Tower
  • South Quarter
  • The Pakubuwono Signature

The Pakubuwono Siganture

The Pakubowono Siganture

Sumber Gambar : http://www.skyscrapercenter.com/building/the-pakubuwono-signature/14637

PT. Wiratman

Logo Wiratman

Sebagai orang yang besar diranah teknik sipil dan arsitektur nama besar Alm. Wiratman Wangsadinata rasanya tidak asing ditelinga. Praktisi sekaligus akademisi ini punya sumbangsih yang sangat luar biasa untuk Indonesia. Nama besar PT. Wiratman tentu saja berkat kerja keras beliau , founder dan para engineer-engineer yang gigih. PT. Wiratman didirikan oleh Profesor Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata dan Ir. David Tegasan pada tahun 1976. Perusahaan ini mampu membangun reputasi dengan baik dan berhasil mengerjakan proyek-proyek prestisius.

PT. Wiratman merupakan perusahaan multidisipliner dengan layanan komplit, Wiratman menawarkan beragam layanan berkualitas tinggi dari konsep dan desain proyek hingga pengelolaan. PT. Wiratman juga memiliki kemampuan in-house untuk menangani semua arsitektur, teknik, manajemen konstruksi dan inspeksi. Kemampuan perusahaan ini juga semakin meluas ke layanan sanitasi, lingkungan, air, dan manajemen fasilitas terkait. Banyak sekali lulusan dari perusaan ini yang berhasil membangun perusahaan sendiri dan dengan skala yang besar.

Proyek-proyek besar yang ditangani PT. Wiratman antara lain:

  • Bakrie Tower
  • Kualanamu International Airport
  • UOB Plaza
  • Thamrin Nine Development
  • ATD Plaza

Bakrie Tower

Bakrie Tower

Sumber Gambar : http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1884342&page=2

PT. Gistama Inti Semesta

Logo Gistama

Mega proyek Jakarta Siganture Tower digadang-gadang merupakan calon gedung pencakar langit tertingi di Asia Tenggara dengan ketinggian 638 m. Sebagai konsultan yang mengerjakan proyek ini tentu saja PT. GIS menunjukkan dimana kasta mereka berada. Super fenomenal proyek yang kelak akan menjadi icon baru kota jakarta. Perusahaan yang bermarkas di daerah Puri Jakarta Barat ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata eksistensinya di dunia konstruksi Indonesia karena kiprahnya yang sudah cukup lama.

Berdiri sejak 1989, PT. GIS sudah memperoleh banyak sekali awards dalam bidang design struktur. Pada tahun 2006 PT. GIS memperoleh penghargaan “Remarkable achievement in the structural design of Astra Honda Motor new plant ” yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat, Indonesia. Salah satu dari sekian proyek yang sudah diselesaikan oleh tangan-tangan terlatih  para engineer PT. GIS.

Proyek-proyek besar yang ditangani PT. Gistama Inti Semesta antara lain:

  • Jakarta Signature Tower
  • Central Park
  • Ambasador Mall & Apartment
  • Plaza Semanggi
  • Kota Kasablanka

Signature-Tower-1

Jakarta Signature Tower

Sumber Gambar : http://www.gistama.com/

Jakarta, 24 April 2018

Berkah Dalem 🙂

Advertisements

10 thoughts on “3 Konsultan Struktur Gedung Ternama di Indonesia

      1. Berarti kurang dana aja ya. Kalau soal kompetensi bisa diadu sama negara lain. Salah satu arsitek terbaiknya ada di sini kan, Hehe..

        Ayah dan Kakak pertama saya juga orang yang berkecimpung di dunia konstruksi. Walau lulusan STM, ayah saya jago buat bangunan, mulai dari ngegambar di kertas milimeter blok, ngitung Rencana Anggaran Biaya dengan detil tiap bahan bangunannya sampai terwujud bangunan yang diinginkan.

        Unfortunately, saya gak dapat bakatnya. Kakak pertama yang ngekor karirnya ayah.

        salam

        Like

        1. Iya mas Fahmi, untuk proyek Super Tall kayak dananya gak maen2 kan. Hahaha bisa aja 😂

          Wahhhh punya keturunan darah engineer ternyata ya. Lulusan STM asal mau belajar juga pasti diperhitungkan kompetensinya mas 👍.

          Gak papa gak ngekor yang penting tetep punya sumbangsih buat Indonesia.. Hehehe
          💪

          Like

  1. Yes, you better be real darn smart if you want to get in on a project like this.
    The Burj Khalifa was designed by Adrian Smith, then of Skidmore, Owings & Merrill (SOM), whose firm designed the Willis Tower and One World Trade Center.
    Dr. David Fisher is working on the first 360* rotating tower hotel. And I assure you, every person on the project development and planning are all geniuses.
    Perhaps it might be a better idea to leave Indonesia and move to higher ground, as they are sinking pretty quickly these days.

    Liked by 1 person

    1. Nice info philipbrockman. Yaa to joint into the proyek like that need qualified engieer and more experienced. I think Indonesia need people/engineer to solve that problem. We can learn from netherlands which also have water level below than existing ground, but they still exist till now.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s