KKN 64 UAJY ” Sanglor II Terlatih Patah Hati”

12988173_1320074094675456_954118966_n
Image by: Elfreda Ruth Dwi Simbolon

Bertepuk sebelah tangan (sudah biasa)

Ditinggal tanpa alasan (sudah biasa)

Terluka itu pasti, tapi aku tetap bernyanyi.

Ada yang gak tau penggalan lirik lagu yang menyayat hati di atas??? hahahah,…Rasanya mayoritas semua tau ya, karena hampir sangat mustahil manusia biasa seperti kita tidak pernah patah hati. Lagu ini cukup hits dipenghujung tahun 2013-an. Liriknya yang sederhana dan musik yang easy listening ngenak banget deh pokoknya….(*gue buangett..gue buaangett itu zzzzzz). Akan tetapi to be honest ini bukan cerita melow tentang patah hati. Ini adalah pengalamanku menjalani masa KKN, tepatnya KKN 64 UAJY Padukuhan Sanglor 2, Desa Giri Suko, Panggang, Gunung Kidul. Perkampungan kecil dengan penduduk yang ramah di barisan selatan jogja yang ditumbuhi banyak sekali pohon jati. Dua tahun sudah hampir berlalu, dengan alasan sibuk baru sekarang deh sempat nulis cerita ini. Flashback lah buat ngenang masa-masa sebelum intim dengan skripsi.

Ada yang menganggap KKN sebagai liburan yang menyenangkan??, atau ada yang menganggap KKN sebagai mimpi buruk??. Yapp… semua tergantung bagaimana masing-masing individu menjalaninya. Pada dasarnya KKN (Kuliah Kerja Nyata) gak jauh beda dengan pindah tempat tidur, bedanya kita membawa misi khusus buat membantu masyarakat mengentaskan atau lebih simplenya menggali potensi yang ada dari suatu daerah yang bisa dikatakan agak tertinggal. Bagi saya dan barangkali teman-teman satu kelompok saya KKN 64 UAJY Pedukuhan Sanglor II bisa dikategorikan ke dalam ” Unforgettable Momen “. Begitu banyak kenangan yang menyenangkan ataupun jauh dari kata itu ada dalam kelompok ini. Disini saya menemukan orang-orang hebat yang mempunyai kepribadian unik dan itu merupakan anugrah terindah yang pernah kumiliki…ihaaaaaa.

Setuju atau tidak masa-masa persiapan sebelum KKN adalah masa yang paling membosankan,,, kecuali buat yang merasa punya ketertarikan sesama anggota kelompok *colek yang merasa…hahahahha. Bangun pagi tiap sabtu untuk coaching, nyiapin program kerja, tinjauan lokasi, ketemu ADPL buat bahas progres…wahhhh agenda ini yang paling ingin aku hindari. Kekompakan dan komunikasi sebenarnya sudah mulai diuji disini, konflik kecil, salah paham, beda pandangan aku rasa hal yang wajar lah ya secara rambut sama hitam tapi isi kepala kan beda-beda. Beruntungnya dalam kelompok ini punya sosok yang sangat dewasa dalam segi kebijakan maupun umur *Tua lah kata lainya…ckckkckc yang bisa menjadi penengah dan pelita dalam kegelapan..hahahah. Jauh setelah KKN berakhir ternyata masa pengayaan ini aku rasa perlu juga supaya kita tau satu sama lain sebelum hidup bersama.

Episode masa penerjunan merupakan hal yang paling dinanti, karena dengan dimulai setidaknya kita sudah punya kepastian kapan itu akan diakhirisadizzzz. Sebulan tinggal bersama dilokasi KKN memupuk rasa kebersamaan diantara kami, dari yang awalnya malu-malu jadi lebih ekspresif baik menyampaikan pendapat maupun sikap. Meskipun aroma keharmonisan belum begitu tampak tapi harapan itu pasti selalu ada..jiahhh. Menurut pengamatan saya masa pra KKN kelompok Sanglord 2 jauh dari kata istimewa. Ada yang hal unik yang bisa dicermati dari susunan tempat duduk selama masa coaching karena ini nyaris tidak pernah berubah sekalipun panitia menyarankan supaya ada rotasi. Begini komposisi duduk kelompok KKN 64 UAJY Padukuhan Sanglor 2 yang terdiri dari 9 anggota, 4 laki-laki dan 5 perempuan.

  • Freda selalu duduk disamping Putri
  • Yohana ada diurutan keempat dari posisi paling kiri.
  • Kak sigap duduk dikursi paling kanan setelah
  • Siska berjarak dua kursi setelah Puguh.
  • Kak ardi hampir selalu ada disamping Kak Sigap dan Angel.
  • Puguh hampir selalu duduk disamping Aan dan ada dikursi paling kiri

Pertanyaannya adalah: Siapakah nama anak Pak Seto dan Pak Carik?? wesss jannnn dah kayak soal psikotes SNMPTN yak…zzzzz.

Fakta menarik yang dapat dilihat tidak jarang malah kelompok yang membaur dengan baik diawal justru terpecah karena komunikasi yang kurang lancar saat penerjunan. Beruntungnya ini tidak terjadi pada kelompok kami, sempat terjadi bersitenggang diantara kami tapi itu bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Setiap permasalahan  selalu dibicarakan bersama dan yang terpenting adalah kita  harus bisa memberikan kritik beserta solusi.  Begitupun solusi yang diberikan Kak Ardi, kritiknya renyah dan disukai ibu-ibu PKK….hahaha. Periode pertengahan sampai akhir KKN merupakan masa yang  paling menyenangkan saya rasa, karna sudah menemukan ritme dan tau enaknya dimana. Bagaimana tidak enak, makanan tersaji tidak pernah telat, tidur malam bangun yaaa sesuai kebutuhan asalkan program kerja lancar, jaringan signal 3G, kolam renang 1x2x1 m dari sumber mata air pilihan, spring bed empuk, home teater dengan suara nyaring, dan masih banyak lagi fasilitas penunjang. Beruntung sekali sebenarnya kami dapat tinggal yang jauh dari kata tidak layak dan Ibu Marsiyem (kalau gak salah) yang begitu sabar memasakkan makanan untuk kami dengan menu oseng-oseng sebagai sajian khas andalanya.

“ Lama tak kudengar tentangnya yang paling dalam tancapkan luka, satu hal aku tau terkadang dia juga rindu.

Titik beratkan pada kata rindunya bukan lukanya ya…wkwkwkk.  Setelah masa KKN berlalu kami masih sempat melakukan pertemuan yaa hanya untuk sekedar nongkrong menjalin tali silahturahmi, namun setelah beberapa lulus dan memutuskan untuk kembali ketempat asal sudah sangat susah sepertinya mengumpulkan formasi penuh ini ditambah lagi dengan kesibukan yang sudah dijalani. Lebaran 2015 saya masih sempat bertemu dengan beberapa anggota dan saya rasa mereka tidak pernah berubah. Ada yang bilang bahwa “People never change, they just show true color”  tetapi warna mereka masih saja secerah waktu awal kujumpai mereka. Sudah sejauh ini menulis rasanya gak afdol kalau gak membahas masing-masing karakter hebat yang telah aku jumpai. Berikut adalah yang aku tahu tentang mereka setidaknya berdasarkan sudut pandangku.

            Anlekar Sigap (Teknik Informatika)

Ngapunten kak sigap, saya mesti dahulukan yang lebih senior hehehe. Apa lagi yang mesti kusanksikan dengan sosok ini?, semua kelebihan ada padanya, lebih senior, lebih berat, lebih bijaksana dan banyak lagi deh kelebihanya. Ketua unit C ini sangat piawai dalam bernegosiasi dan menjalin pertemanan dengan orang baru, mau cewe/cowo, tua/muda sikat dehhhhh. Pribadi yang supel dan sederhana, humoris dan gak mudah marah tentunya. Jujur aku sebenarnya agak terganggu dengan cerita-cerita horornya setiap tengah malam, jadi susah tidur setelah didongengkan sama bapak satu ini.  Suasana rumah yang dipenuhi baju-baju pengantin makin lengkap deh imaginasi ceritanya. Kelak suatu hari saat berjumpa dengan sosok ini aku tidak berharap beliau menjadi ahli informatika, saya lebih condong dia menjadi seorang kepala daerah dimana dia berasal….ckckkc *Maksa. See you on the top Anlekar Sigop.

Yohana Silvia (Akuntansi)

Annyeong haseong buk??. Yohana adalah salah salah satu penggila all about Korea dikelompok kami. Setiap orang memang punya selera masing-masing baik music, style, idola dan sebagainya dan itu memang memberi warna tersendiri bagi kelompok ini. Bagi saya Yohana adalah gadis yang disiplin, berkemauan kuat, defensif, pintar , dan berpendirian teguh. Gadis belia ini punya jaringan yang sangat luas  di seluruh negara lewat sosial media and akun chatting, maka tidak aneh jika ia mengusai banyak bahasa. Kembali ke tanah asal juga menjadi pilihan yohana untuk melanjutkan kiprahnya setelah lulus. Tak banyak yang saya inginkan, semoga suatu saat bisa melihatmu jadi Akuntan-Akuntan profesional buk.

Angelina Widya (Hukum)

Sesekali diam namun menyimpan banyak rahasia sepertinya…semacam secret garden gitu…*hubungan ne wuopooo….wkwkwk. Aku sendiri mulai akrab dengan ibu ini setelah masa penerjunan karena aku tidak terlalu jago berdiplomasi. Pandai memilih topik obrolan, sangat keibuan, pandai menggiring opini, mendakwa , dan memutuskan perkara..zzzzzz. Menjadi pendengar yang baik agaknya jadi rutinitas yang pasti selama masa KKN buatku terutama curcol anak satu ini. Angel adalah pribadi yang menyenangkan, sopan, ramah, gaul ya buk, pintar, dan bijak menentukan pilihan. Sepertinya Angel ingin meneruskan kiprah ayahandanya dalam dunia hukum. Semoga kelak bisa melihatmu nak jadi orang besar dan tetaplah berjalan dijalur hukum.

Yustinus Ardi (Menejemen)

Sengaja aku bahas berurutan ya kak, karena ada pepatah kuno bilang semua indah pada masanya,,,,cieeilahhh…*colek yang di atas. Bisa dibilang kak Ardy adalah bintangnya untuk kelompok ini, terutama bagi bagi gadis-gadis yang mulai menginjak remaja. Wajah rupawan tinggi semapai cukup jadi magnet tersendiri untuk menaklukkan wanita kelompok kami. Kak Ardy menurutku sangat pandai bergaul dengan orang baru, ramah, cepat bertindak, terlihat cukup religius akhir-akhir ini dan punya sifat yang bijaksana dalam menyikapi masalah. Setelah lulus sepertinya beliau masih tetap stay di New Orleans untuk membuka bisnis disana. Menjadi Interpreneur sukses adalah harapanku buatmu Pak. Terima kasih pinjaman selimutnya selama KKN…hehehehe

Fransiska (Akuntansi)

Siska adalah gadis belia yang sangat cekatan saya rasa. Untuk sekali kerja saja empat sampai lima pulau bisa terlampaui..hehhehe. Dalam hal mengetik serahkan pada Siska, dengan bantuan 2 keyboard dijamin selesai sebelum waktunya….*Piss Siska…ckckckkc. Wanita asal Riau ini adalah yang paling sering membantuku dalam mengentaskan pekerjaan rumah. Cuci piring, nyapu, ngepel semua lebih ringan karena campur tangan Siska. Banyak hal positif yang bisa aku ambil dari Siska diantaranya adalah On time, Teliti, Serius, Terencana, Ramah, Enak diajak ngobrol, etc. Setelah lulus Ia memutuskan untuk kembali ke kota asalnya dan bekerja disana. Memajukan daerah asal mungkin menjadi salah satu prioritasnya kedepan. Harapanku bisa melihat Siksa sukses dengan bekal Ilmu yang pernah ia pelajari dari UAJY.

Puguh Ari Wijayanto (Hukum)

Lebih cocok disebut petner in crime kayaknya sosok ini. Anak hukum yang sekarang sedang melanjutkan studi S2 di UII ini adalah ketua kelompok kami. Punya Visi jelas buat dunia pendidikan dan motivasi buat membenahi hukum di negeri ini *agak gak yakin haahha. Selama KKN selalu menghibur anak-anak Sanglor 2 dengan Joke-joke yang ngawur dan semau dia lah,, tapi untungnya mereka semua terhibur. Pengagum rahasia anak Pak Carik dan pecandu Luak White Coffie ini bisa jadi satgas pemburu nyamuk dengan parfum foggingnya. Kelak suatu saat saya pengen mendengar bahwa sosok ini menjadi pengacara handal dan selalu membela aspirasi kaum lemah sesuai dengan slogan andalannya “Satu kata LAWAN”.

Freda Ruth Dwi Simbolon (Komunikasi)

Memang gak ada Freda emang gak rame sepertinya. Butet satu ini emang yang paling ceria dalam kelompok ini. Kenakalan Masha melekat erat pada karakternya, ada saja kelakuanya yang bisa mencairkan suasana. Kak Sigap menjadi objek vital dalam setiap kejahilan anak ini, namun Kak sigap juga menikmati setiap momen dari apa yang dilemparkan Freda. Mood yang naik turun jadi ciri khas Freda, apalagi kalau sedang lapar tolong jangan diganggu, bakal panjang deh urusannya..hehehhe. Satu hal yang aku ingat tentang Freda adalah perdebatan tentang Makan sebelum Mandi atau Makan setelah mandi karena kami cukup bertentangan soal ini..ckckckck. Freda dimataku adalah sosok yang santai, semangat, kreatif, humoris, dan ceria. Terakhir aku dengar Freda tertangkap kamera di sebuah televisi berkelas di Indonesia. Semoga kelak gadis ini bisa disandingkan dengan jurnalis-jurnalis Kawakan  di seantero negeri.

Maria Putri Adiningsih (Teknik Arsitektur)

Berhubung kampus kita dekat, diterkhirkan gak papa ya put…zzzzzz. Walau bertetangga jujur aku jarang sekali lihat wanita satu ini di kampus 2. Lihat aja jarang apalagi kenal ya, jauh dari kata itu lah pastinya. Secara harfiah profesi kami adalah yang paling punya keterkaitan satu sama lain, jadi kalau untuk urusan obrolan saya rasa lebih mudah menenetukan topik dengan Putri. Dimataku putri ini sosok fighter yaa, mungkin sudah terbiasa dengan didikan anak teknik yang mengerjakan sesuatu mepet-mepet deadline jadi melihat putri cekatan ternyata woww juga lah pokok ee. Gaya pakaian yang simple ala rock and roll kali yaa, ramah, senyum menawan, mudah bercanda, sederhana, apalagi yaaa banyak deh pokok eee. Semoga suatu hari nanti pasti kan bercahya lahhh….(* bukan pintu akan dibuka tapi yaa).Melihat mu jadi arsitek top Indonesia dengan karya-karya besar adalah harapanku Put.

Jakarta, 9 Agustus 2015

Berkah Dalem 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s